Tour de Singkarak 2014 Ditutup, Jumpa Lagi Bulan September

Padang, Zamrudtv — Tour de Singkarak (TdS) 2014 resmi ditutup oleh Menteri Pemuda dan Olahraga dan Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Minggu sore(15/6) di Padang. Lomba yang menempuh jarak 1.250km dan melintasi 18 daerah kabupaten kota Sumbar, dimenangi oleh pebalap Iran Amir Zargari.

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang juga Executif Chairman TdS, Sapta Nirwanda menyebutkan, untuk TdS 2015 bakal digeser bulan pelaksanaannya dari bulan Juni ke bulan September. Pasalnya, bulan Juni dan Juli memasuki bulan Ramadhan.

“Ini mengingat tahun depan, bertepatan dengan Bulan Ramadhan, makanya kita rencanakan September,” kata Sapta Nirwandar dalam sambutannya pada penutupan TdS 2014, Minggu (15/6).

Jika pada TdS 2014, start dimulai dari Kabupaten Padang Pariaman, namun untuk TdS 2015 kemungkinan akan dirubah. Menurut Sapta, saat ini sudah ada 6 daerah yang mengajukan diri jadi tuan rumah untuk grand star. Namun dari penilaian awal, hanya tiga daerah yang memenuhi syarat, Pesisir Selatan, Agam dan Padang Panjang.

“Hal utama yang menjadi syarat untuk grand start adalah ketersediaan akomodasi. Walau dari tiga daerah itu belum ada hotel yang representatif, namun daerah tersebut terbilang cukup dekat dengan kabupaten/kota yang memiliki akomodasi bagus,” ucapnya.

Amir Zargari Juarai Tour de Singkarak 2014
Padang, Zamrudtv –Pebalap Iran Amir Zargari menjadi pemenang Tour de Singkarak (TdS) 2014, yang berakhir Minggu sore(15/6) di Padang, Sumbar. Zargari sebelumnya tahun 2011, juga sudah pernah menjadi juara umum TdS.

Menariknya, selama perlombaan yang berlangsung 9 etape dengan jarak 1250 km, Zargari tidak sekalipun menang dalam balapan itu. Dan ini juga menjadi sejarah, pemenang TdS tercatat tanpa menjuarai sebuah etape. Sepanjang pelaksanaan TdS, Zargari hanya beberapa kali masuk 10 besar.

Sementara itu posisi runner up dipegang rekan satu timnya rahim Emami dengan catatan waktu 28:33:25, sementara posisi ketiga diraih pebalap PKY lainnya, Ramin Mehrbaniazar dengan catatan waktu 28:36:40.

TdS 2014 diikuti 82 pebalap dari 23 negara yang tampil untuk 18 tim. Perhelatan kali ini juga merupakan yang terpanjang dengan sembilan etape yang menempuh jarak 1.250 km. Sebanyak 18 kabupaten/kota di Sumatra Barat dilalui oleh pebalap. (tim/zamrudtv.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>