Tour de Singkarak masih Milik Pembalap Iran

Lima dari enam edisi TdS dijuarai pembalap Iran. Juara TdS 2014 Amir Zargari juga merupakan juara 2011.
ENGAN berhasil melewati garis fi nis bersama rombongan besar pembalap terdepan pada Etape 9 Tour de Singkarak (TdS) 2014, kemarin, pembalap tim Pishgaman Yazd, Amir Zargari, memastikan diri menjadi juara TdS 2014.
Gelar juara kedua setelah 2011 itu didapatkan Zargari setelah membukukan waktu total 28 jam, 31 menit, 48 detik dari sembilan etape yang dilombakan pada edisi keenam balap sepeda yang sudah masuk kalender tur Asia federasi balap sepeda internasional (UCI) tersebut.

Kemenangan Zargari makin mengukuhkan dominasi pembalap Iran pada balapan dengan level 2.2 UCI itu. Dari 6
kali diselenggarakan, pembalap Iran mampu juara 5 kali.

Selain Amir, Ghader Mizbani Iranagh menjuarai TdS sebanyak tiga kali, yaitu pada 2009, 2010, dan 2012.
Keberhasilan Zargari menjuarai TdS 2014 juga membuat Tim Pishgaman Yazd menjadi juara umum pada kategori tim.
Dua pembalap Pishgaman Yazd lainnya, yaitu Rahim Emami dan Ramin Mehrbanizar juga menyumbang poin untuk tim mereka dengan berada pada posisi dua dan tiga klasemen umum.

“Target utama tim memang menjuarai kategori tim. Dengan pengalaman saya yang sudah empat kali ikut TdS, saya jadi bisa membantu tim meraih target. Terlebih dengan tambahan juara klasemen umum,” kata Zargari yang
mengaku akan kembali ikut serta pada TdS 2015.

Di kategori pembalap Asia Tenggara, pembalap tim Pegasus Continental, Dadi Suryadi, juga sukses memastikan diri memuncaki klasemen dengan berhasil mempertahankan posisinya di rombongan terdepan Etape 9.
Mantan pembalap tim Putra Perjuangan Bandung itu menorehkan waktu total 28 jam, 46 menit, 17 detik.
“Rute kali ini memang cukup menantang, apalagi di etape 8.

Tapi, saya puas dengan hasil kaus merah-putih yang tetap menjadi milik saya hingga akhir lomba,” ujar Dadi yang sehabis TdS 2014 akan berlaga di Jelajah Malaysia.

Podium utama Etape 9 TdS 2014 diraih pembalap tim Avanti Racing, Brenton Jones, yang membukukan waktu 2 jam 43 menit. Etape itu menempuh jarak 121 km dari Kabupaten Pesisir Selatan hingga ke Kota Padang. Ini merupakan gelar juara etape yang kedua
bagi Jones.

Di belakang Jones, pembalap Maroko dari tim Skydive Dubai, Soufiane Haddi, mengklaim podium kedua.
Sementara itu podium ketiga menjadi milik pembalap tim Federasi Balap Sepeda Jepang (JCF), Koroedo Saya.
TdS 2015 Pada kesempatan yang sama, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwandar mengungkapkan TdS 2015 tidak lagi akan dilangsungkan pada pertengahan tahun. Penyelenggaraan TdS 2015 akan dihelat pada 19-27 September tahun depan.

“Ini karena kita juga menyesuaikan dengan agenda dari UCI sendiri mengenai jadwal tur. Saat ini bahkan sudah ada tiga kabupaten, yaitu Pesisir Selatan, Agam, dan Padang Panjang, yang siap menjadi tuan rumah pembukaan,“ kata Nirwandar. (R-3) – Media Indonesia, 16/06/2014, halaman 25

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>