All-New BMW 4 Series Penyempurnaan Dua Model Ikonis

DUA mobil paling anyar dari keluarga 4 series, All-New BMW 4 Series Gran Coupe dan Convertible, meluncur berbarengan di Tanah Air pada Selasa (19/8). Untuk merilis dua produk yang desainnya mereka sebut sangat ikonis itu, BMW sengaja memilih ajang The Colors of Indonesia di Senayan City, Jakarta, sebagai lokasinya.

The Colors of Indonesia merupakan pameran desain interior yang diprakarsai ID12, kelompok yang terdiri dari 12 desainer interior papan atas Indonesia.

“Tak diragukan lagi kami ialah pemimpin dalam hal desain. Angka 4 dari model-model terbaru ini menandai era baru untuk desain coupe yang elegan sekaligus menghadirkan penyempurnaan dalam hal kekuatan, kedinamisan, dan teknologi canggih,“ ungkap Presiden Direktur BMW Group Indonesia Karen Lim dalam presentasinya. Pada model Coupe, dengan overhang pendek khas BMW, ditambah kap mesin panjang, ruang kabin penumpang yang menjorok ke belakang, serta desain garis atap yang mengalir, mobil itu terlihat kian elegan, tetapi tetap tak mengurangi fungsionalitasnya.

Product Planning Manager of BMW Group Indonesia Dennis A Kadaruskan menjelaskan desain yang mengedepankan fungsionalitas All-New BMW 428i Gran Coupe (empat pintu) itu salah satunya bisa dilihat dari luasnya ruang kabin dan ruang bagasi. “Bangku baris kedua bahkan bisa dilipat ke depan sehingga kapasitas ruang bagasi bertambah menjadi sekitar 1.300 liter,“ tuturnya.

Untuk All-New BMW 428i M Sport Convertible, Dennis menyebutnya sebagai model convertible paling indah di kelasnya.Keindahan itu, kata dia, tecermin dalam siluet kendaraan yang unik dan elegan: proporsi seimbang saat atap terbuka dan menampilkan garis atap yang ramping (tanpa kolom B) saat atap dalam keadaan tertutup.
Di sisi interior, BMW Series 4 Convertible cukup mampu memadukan tampilan sporty dan elegan. Namun, yang terpenting, sebagai mobil convertible, ia mengaplikasikan pola tempat duduk yang memungkinkan semua penumpang berbagi pengalaman berkendara di bawah langit terbuka.

Hardtop dari BMW 4 Series Convertible terbuat dari baja ringan yang tak perlu dikhawatirkan kekuatan perlindungannya saat posisi atap menutup. Atap tersebut juga mampu mengurangi tingkat kebisingan sekaligus membuat kabin lebih te nang. Jika Anda ingin membuka, cukup de ngan menekan tombol, atap akan terbuka sepenuhnya dalam waktu 20 detik.Tenaga besar Dalam hal kekuatan, mesin turbocharger berkapasitas 2.0 liter 4 silinder, yang disokong teknologi high precision direct injection, twin-scroll turbocharging, kontrol camshaft variable double-vanos, dan valvetronic tampaknya cukup mampu merepresentasikan power yang ingin dihadirkan kedua mobil tersebut.

Bagaimana tidak? Mesin yang juga dipadukan dengan transmisi otomatis 8 percepatan steptronic itu mampu menghasilkan tenaga hingga 245 hp pada 5.000¬6.500 rpm, dan torsi maksimal 350 Nm di putaran antara 1.250 dan 4.800 rpm. Dengan bekal mesin itu juga, All-New BMW 428i M Sport Convertible dan All-New BMW 428i Gran Coupe sama-sama mampu melesat hingga kecepatan maksimal 250 km/jam.

“Untuk Seri 4 Gran Coupe, kecepatan dari 0-100 km/jam bisa dicapai hanya dalam waktu 6 detik, sedangkan untuk Convertible butuh waktu 6,4 detik,“ tutup Dennis. Di Indonesia, dua mobil itu dilepas dengan harga off the road Rp1,09 miliar untuk BMW 428i Convertible M Sport dan Rp968 juta untuk BMW 428i Gran Coupe M Sport.(Pun/S-3) Media Indonesia, 21/08/2014, halaman 22

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>