Maserati New Ghibli Picingan Nakal Quattroporte Junior

MASERATI menghadirkan New Ghibli ke pasar mobil premium Tanah Air. Siapsiaplah tergoda oleh picingan mata `nakal’ yang berasal dari desain lampu depan sedan coupe empat pintu ini.
New Ghibli dapat dikatakan sebagai `junior’ model dari flagship limousine Maserati, Quattroporte, jika melihat kesa maan beberapa aspeknya. Sasis, suspensi, transmisi otomatis ZF delapan percepatan, hingga mesin V6 di dapur pacunya identik dengan yang ada di dalam `dapur’ Quattroporte.

Hanya saja, Ghibli diciptakan sebagai entry level di dalam keluarga besar Maserati.Sedan bongsor ini pun lebih ringan 50 kg plus lebih pendek 291 mm jika dibandingkan dengan Quattroporte. Di samping itu, jarak sumbu rodanya 4,97 m, lebih pendek 291 mm daripada Quattroporte. New Ghibli menjadi bagian dari skuat Maserati untuk mencapai target ambisius pabrikan Italia tersebut.

“Melalui lini model terbaru seperti model Quattroporte, Ghibli, GranTurismo dan GranCabrio, serta lini model yang akan datang yakni Maserati Alfieri dan Levante, Maserati ingin bisa mencapai produksi 50 ribu unit per tahun dalam beberapa tahun ke depan,“ papar Managing Director for Foreign Market Maserati Global Umberto Cini di Jakarta, kemarin.Gesit Meski berjenis sedan mewah nan besar, Ghibli oleh Maserati tetap dijadikan sebagai mobil yang mengusung jiwa sporty dengan performa garang.

Dua varian yang dibawa, yakni Ghibli dan Ghibli S, sama-sama mampu menyemburkan torsi puncak 550 Nm di kitiran 1.750-5.000 rpm dari mesin V6 3.000 cc twinturbo charged generasi baru yang dipadukan dengan transmisi otomatis ZF delapan percepatan.

Dengan modal itu, Ghibli S mampu melontarkan daya hing ga 410 tenaga kuda (Hp). Akselerasi 0-100 km/jam pun dapat digapai hanya dalam waktu 5 detik dengan kecepatan maksimal mencapai 285 km/jam. Adapun untuk Ghibli (tanpa S), tenaga yang dihasilkan mencapai 330 Hp dan mampu berakselerasi dari 0 hingga 10 km/jam dalam 5,6 detik dengan kecepatan maksimal 263 km/jam.

“Ghibli menampilkan semua nilai dari Maserati di kelas sedan mewah ukuran besar. Desain terdepan Italia dan pengalaman berkendara Maserati yang unik dikombinasikan dengan keterjangkauan dan kegunaannya,“ ucap Fransiska Renata, CEO PT Auto Trisula Indonesia, distributor resmi Maserati di Tanah Air.

Di dalam sedan yang dari sisi keamanannya menyandang status lima bintang dari EuroNCAP itu juga terdapat Maserati Stability Programme (MSP) demi keamanan dan pengalaman berkendara yang mengasyikkan. MSP merupakan sistem yang antara lain terdiri dari anti-lock breaking system (ABS), electronic brakeforce distribution (EBD), anti-slip regulation (ASR), serta brake apply sensor (BAS).

Di sisi lain, fitur limited slip differential membantu sedan berbanderol mulai dari Rp1,7 miliar (off the road) tersebut mendapatkan traksi terbaik. Fitur-fitur hiburannya sendiri berbasis Maserati Touch Control, hotspot wifi, dan sistem audio Bowers & Wilkins Premium Surround Sound 8 speaker yang bisa ditingkatkan menjadi 10 atau 15 speaker. (Xan/S-2) Media Indonesia, 11/9/2014, hal 22

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>