Makin Anggun Menggoda

Kini, hajatan itu semakin berskala akbar seiring dengan penjualan kendaraan yang ditargetkan mencapai 1,25 juta unit tahun ini, plus penambahan pemain baru di industri otomotif. SEJAK dilahirkan dari rahim industri otomotif, Indonesia International Motor Show (IIMS) lambat laun berkembang menjadi sebuah pameran otomotif nan megah. Kini, IIMS juga menjadi corong kumandang ‘sang Bunda’ untuk memamerkan sepak terjangnya yang semakin anggun menggoda di percaturan otomotif dunia.

IIMS bukan sekadar saksi bisu pertumbuhan industri otomotif domestik, melainkan ikut pula berperan membesarkannya. Semua dimulai dari 1986 silam, saat Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) ingin mendongkrak penjualan roda empat dalam negeri dengan sebuah hajatan.

Pameran bertajuk ‘Gaikindo Cars Exhibition’, yang menjadi cikal-bakal IIMS, kemudian dihelat di atas lahan 4.000 m2 di dalam Jakarta Convention Center (JCC). Seperti sedang mencari jati diri, nama ajang itu sempat beberapa kali berganti. Dalam gelaran keduanya pada 1989, pameran otomotif dua tahunan tersebut mengambil identitas Ibu Kota sebagai tajuknya, ‘Jakarta Auto Expo’, lalu berganti nama lagi menjadi ‘Gaikindo Auto Expo’ pada 2000 dan ‘Indonesia International Motor Show’ mulai 2006.

Di tahun ini pulalah, ‘pesta otomotif ’ yang sempat vakum pada 1992, 1993, 1997, 1998, serta 1999 itu mulai disokong federasi pabrikan otomotif internasional (Organization Internationale des Constructeurs d’Automobiles/OICA).
Pada 2009 juga terjadi perubahan besar ketika lokasi penyelenggaraan yang selama dua dekade lebih selalu di pusat kota, JCC, dipindah ke Jakarta International Expo Kemayoran. Kapasitas JCC rupanya sudah mampu lagi menampung antusiasme peserta ataupun pengunjung yang terus meningkat dari tahun ke tahun.

Ketua Umum Gaikindo Sudirman Maman Rusdi memberitahukan IIMS diadakan kala industri otomotif Indonesia tumbuh pesat sejak 2006. “Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2006-2013 sekitar 6%. IIMS diadakan sejak total penjualan industri otomotif masih 318.904 unit pada 2006 sampai akhirnya mencapai 1.229.902 unit pada 2013,” tukas Sudirman sedikit berkilas balik pada konferensi pers IIMS 2014, di Jakarta, akhir Agustus lalu.

Kini, di tahun ke delapan mengusung nama IIMS, hajatan itu semakin berskala akbar seiring dengan penjualan kendaraan yang ditargetkan mencapai 1,25 juta unit tahun ini, plus penambahan ‘pemain’ baru di industri otomotif.

“Lahan tahun lalu 75 ribu m2. Sekarang kami ekspansi ke 83 ribu m2,” papar Ketua Panitia IIMS 2014 Johnny Darmawan.
Secara total akan terdapat 322 ekshibitor yang meramaikan acara. Sebanyak 29 di antaranya merek-merek mobil penumpang, tujuh pabrikan kendaraan komersial, serta 286 industri pendukung otomotif.

“Pada 2013 ada 26 merek mobil pe numpang. Tahun ini ada merek-merek mobil baru seperti Alfa-Romeo, Fiat, dan Infiniti,“ terang Johnny lagi.Mobil-mobil terbaru Semakin seksinya pasar Indonesia ditandai dengan mobil baru ataupun mobil konsep yang semakin variatif.

Honda, Mitsubishi, dan Mazda bah kan akan memanfaatkan IIMS untuk menginisiasi penampakan perdana model terbaru mereka di Asia Tenggara. Honda membawa SUV kompak HR-V, sedangkan Mitsubishi menerjunkan MPV berkemampuan tangguhnya, Delica D5.

Adapun Mazda mengaspalkan AllNew Mazda2, city car andalan mereka. Bicara city car, ada pula peluncuran Datsun GO sebagai jagoan kedua Datsun di segmen mobil murah ramah lingkungan.

Merek-merek di luar para `jawara’ Jepang pun tidak mau ketinggalan untuk eksis. Mereka antara lain Tata yang berniat memperkenalkan varian transmisi matik MPV Tata Aria, Audi dengan New Audi S3 2.0 Turbo FSI Quattro, juga Renault yang akan mengusung crossover yang masih dirahasiakan.

Produk-produk baru yang sudah diluncurkan sebelum IIMS berlangsung seperti Isuzu MU-X. All New Nissan X-Trail tentu juga tak mau ketinggalan menampangkan muka mereka di ajang bergengsi tersebut.

Bahkan boleh jadi di momen itulah mereka bakal menggeber promosi dan jualan untuk menggoyang kompetitor.
Di sisi lain, mobil-mobil konsep juga kian memenuhi booth-booth peserta pameran. Daihatsu, umpama, memboyong lima mobil konsep sekaligus, yakni Ultra Function Compact (UFC-3), Cross-over Utility Vehicle (CUV-2), Sport Utility Vehicle (SUV), Ayla GT2, serta Copen.

Datsun menumpu asa pada mobil konsep Redi-GO dan Toyota mencoba menerka masa depan melalui FT1, FV2, dan FCV.
Dengan segala yang dimilikinya, IIMS makin menggoda pecinta otomotif Indonesia. (S-2) Media Indonesia, 18/09/2014, halaman 22-23

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>