Fuso Perkenalkan Varian Terbaru di Kelas Truk Medium

AJANG pameran berskala internasional Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014 tidak disia-siakan produsen truk Fuso sebagai ajang debut produk baru mereka di Indonesia. Dengan mengusung tema The new Fuso debut, IIMS ke-22 menjadi momentum bagi PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) menghadirkan New Fuso di Indonesia.

KTB meluncurkan varian terbaru di kelas medium duty truck New Fuso FJ2528 (6×4) Super Mixer pada pembukaan IIMS, 18 September 2014. New Fuso FJ2528 (6×4) Super Mixer merupakan varian ready mixer pertama yang dimiliki Mitsu bishi di Indonesia.

Prosesi peluncuran dilakukan President Director of KTB Noboru Tsuji, Executive Marketing Director of KTB Rizwan Alamsjah, Operating Marketing Director of KTB Daisuke Okamoto, serta tamu kehormatan, yaitu CEO of Mitsubishi Fuso Albert Kirchmann, dan Senior Vice President of COO Motor Vehicle Business Div of Mitsubishi Corporation Hiroo Kurihara.

“Tahun 2014 merupakan tahun yang sangat spesial bagi kami, karena pada tahun ini kami menambah beberapa varian terbaru di kelas medium duty truck untuk melengkapi line up kendaraan Mitsubishi Fuso untuk memenuhi kebutuhan masyarakat,” ungkap Tsuji dalam pidatonya.

KTB optimistis penambahan varian terbaru itu dapat memperkuat market share Fuso, khususnya untuk kelas medium duty truck yang pangsa pasarnya belum terlalu mendominasi. Penambahan varian baru juga semakin memberi kan banyak pilihan bagi konsumen, menyesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

Pada IIMS 2014, untuk pertama kalinya KTB menampilkan tujuh unit yang enam unit di antaranya merupakan varian terbaru New Fuso. diesel 6S20, 6 silinder, 6.373 cc itu mampu melontarkan 280 PS pada rpm rendah, yaitu 2.200 rpm, untuk daya tahan mesin yang lebih baik.

Kekuatan puntir mesinnya mencapai 112 kgm yang merupakan torsi terbesar di kelasnya dan sudah diraih pada rentang putaran mesin 1.200 1.600 rpm. Mesin itu juga dilengkapi Engine PTO (power-take-off) yang sangat cocok untuk bidang usaha konstruksi dan mixer. besar hingga mencapai 56,4 meter kubik. Shot blasted chassis technology dengan ukuran yang lebih tebal membuat daya tahan chassis lebih kokoh.

Di IIMS 2014, KTB menghadirkan tiga unit New Fuso FJ2523 dengan tiga bentuk karoseri yang berbeda, yakni wing box, hi blow rear (water tank/ oil tank), serta original chassis.Varian itu ditawarkan dengan harga mulai dari Rp584 juta (off the road area Jabodetabek).Teknologi mesin dan fitur Pada dapur pacunya, New FUSO FJ2523 (6×2) dan FJ2528 (6×4) memiliki beberapa kesamaan dalam aplikasi teknologi. Keduanya mengandalkan sistem injeksi bahan bakar unitized injection pump berkapasitas tinggi.

Ditambah dengan turbo intercooler, proses pembakaran di dalam silinder menjadi lebih optimal untuk efisiensi bahan bakar dan emisi yang lebih baik. Teknologi itu juga memungkinkan mesin tetap dapat beroperasi meski salah satu pompa injeksi tidak berfungsi. Ada pula teknologi constant throttle valve yang mengurangi konsumsi bahan bakar pada saat exhaust brake diaktifkan. Adapun gardan dengan rasio yang besar dan dilengkapi interwheel and interaxle differential lock memberikan kerja maksimal pada jalan licin dan berlumpur.

Di sisi lain, fitur full air brake system merupakan pengereman menggunakan udara bertekanan yang aman serta mudah dalam perawatan. Terdapat juga variable green band indicator yang mempermudah pengemudi mengoperasikan kendaraan dalam kondisi paling ekonomis.

Perawatan harian truk ini juga kian dipermudah oleh sudut bukaan kabin jungkit 67 derajat yang memberikan ruang lebih luas serta adanya front panel yang mudah dibuka.

Roda kemudi dilengkapi fitur tilt and telescopic steering ditambah jok yang dapat diatur tinggi, jarak, dan kemiringan sudutnya untuk mempermudah pengemudi mendapat posisi yang ideal sehingga tidak cepat lelah. Di bagian belakang jok terdapat kabin tidur dan jendela belakang untuk menghadirkan ruang istirahat yang lebih nyaman.
Namun lebih dari itu, seperti dikatakan Noboru Tsuji, komitmen KTB tidak hanya pada penambahan varian terbaru, tapi juga peningkatan kualitas layanan purna jual pendukung. Saat ini, KTB telah memiliki 222 jaringan penjualan, lebih dari 4.500 toko suku cadang, 4 truck center di Jakarta, Semarang, Medan, dan Bandung, 6 depo suku cadang serta mobile workshop yang siap melayani konsumen.“Ini merupakan komitmen KTB untuk menyediakan nonstop service kepada pelanggan setianya.“

Sebagai truk nomor 1 di Indonesia, Mitsubishi terus meningkatkan kualitas produk serta pelayanan untuk konsumen.KTB telah terbukti selama 44 tahun mampu menguasai pangsa pasar kendaraan niaga dan itu menjadikan truk Mitsubishi sebagai `andalan bisnis sejati!’ (Cdx/S-25) Media Indonesia, 6/10/2014, hal : 3

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>