Korban Longsor Solok masih Dicari

TIM search and rescue (SAR) gabungan belum berhasil menemukan satu korban longsor yang diduga masih tertimbun di Jorong Taratak Tinggi, Nagari Alam Pauh Duo, Kecamatan Pauh Duo, Kabupaten Solok Selatan, Sumatra Barat.

“Korban yang masih dicari bernama Reva, 2. Kami akan terus mencari hingga 6 hari ke depan,“ ujar Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatra Barat, R Pagar Negara, kemarin.

Reva merupakan salah satu dari sekeluarga berjumlah 6 orang yang menjadi korban longsor di daerah tersebut.Lima orang sudah ditemukan dalam keadaaan tewas.

Berdasarkan pendataan BPBD Sumbar, banjir dan longsor terjadi di enam kabupaten dan kota, yakni Kabupaten Limapuluh Kota, Kota Solok, Kabupaten Sijunjung, Kabupaten Solok Selatan, Kabupaten Agam, dan Kabupaten Pasaman.

Di Jawa Barat, hujan deras yang mengguyur mengakibatkan ratusan makam di Kampung Cibihuk, RT 06/ RW 02, Desa Karangmukti, Kecamatan Salawu, Kabupaten Tasikmalaya, terbawa longsoran tanah.

Walhasil, masyarakat dibantu anggota TNI, Polri, dan BPBD masih mencari kerangka dan mayat yang tertimbun longsoran.

Kepala BPBD Kabupaten Tasikmalaya Kundang Sodikin di Tasikmalaya mengaku, ada beberapa masyarakat membawa kerangka untuk dikuburkan kembali meskipun masih ada jenazah di kawasan tebing atau masih tertimbun tanah di kolam dan area persawahan.

“Jadi ada ratusan makam yang terbawa tanah longsor dan baru ditemukan 15 kerangka manusia dalam kondisi utuh dan lainnya dalam kondisi hancur, dan ada juga yang masih terbungkus kain kafan,” katanya.

Dia menjelaskan tanah longsor terjadi kemarin dini hari sekitar pukul 03.00 WIB.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu.

Kundang mengungkapkan, selain di Kecamatan Salawu, tanah longsor juga terjadi di lima titik yakni di Kecamatan Manonjaya, Cisayong, Sukaraja, dan Sukaraja.

Sementara itu, ruas jalan provinsi yang menghubungkan Desa Talang Kemulun dengan Desa Sang garan Agung di Kecamat an Danau Ke rinci, Provinsi Jambi, tertutup longsoran bukit.

Selain material tanah berbatu, badan jalan tertimbun pepohonan sehingga sulit dilalui kendaraan. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu. (AD/LD/SL/WJ/YH/N-2) Media Indonesia, 10/02/2016, halaman 25

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>