Kota Payakumbuh

rental mobil bukittinggi

Kota Payakumbuh salah satu kota dengan pengelolaan terbaik di Sumatera Barat, terbukti beberapa kali mendapatkan penghargaan yaitu penghargaan Inovasi Managemen Perkotaan (IMP) pada 2012, Indonesia Green Regional Award (IGRA), Kota Sehat Wistara. Kota Payakumbuh berjarak 30 kilometer dari Kota Bukititnggi, dan menjadi kota persinggahan rute perjalanan Provinsi Sumatera Barat dan Provinsi Riau. Dari zaman Kolonial Hindia Belanda sudah menjadi kawasan gudang penyimpanan dari hasil tanaman kopi. Sebelumnya tahun 1970, Kota Payakumbuh merupakan bahagian dari Kabupaten Lima Puluh Kota dan sekaligus menjadi Ibukotanya.

Sebagai kota persinggahan rute perjalanan dari Provinsi Sumatera Barat ke Provinsi Riau, Kota Payakumbuh menjadikan sektor jasa dan perdagangan, kemudian didukung sumber daya alam yang baik sektor pertanian, perikanan dan perkebunan juga diandalkan masyarakatnya.

Destinasi Pariwisata Payakumbuh

Payakumbuh memiliki makanan khas yang sering menjadi buah tangan (ole-oleh) wisatawan untuk dibawa kembali ke tempat mereka. Antara lain makanan khas antaranya botiah dan galamai, selain itu terdapat juga makanan khas lainnya seperti boreh rondang, kipang, rondang boluk, rondang tolua dan martabak tolua. Pada nagari Tiakar dikenal makanan khasnya bernama paniaram yaitu kue dari beras ketan di campur gula enau.

Nama Keterangan Lokasi
Ngalau Indah
Ngalau Sompik
Puncak Simarajo
Panorama Ampangan
Jembatan Ratapan Ibu
Masjid Tuo Koto Nan Ompek
Rumah Museum Tan Malaka
Perkampungan Tradisional Minangkabau Koto Nan Godang

Spot Kuliner Kota Payakumbuh

Nama Keterangan Lokasi
 
 
 
 

Hotel dan Penginapan Kota Payakumbuh

Nama Keterangan Lokasi